Sabtu, 24 Oktober 2009

Cara Pintar Memilih Kondisi Body Mobil Bekas


Cek body memang butuh ilmu tersendiri. Menemukan bekas kerusakan tidaklah mudah. Ditangan ahli-nya, kerusakan separah apapun dapat diperbaiki hingga mulus kembali. Anda tidak akan menyangka itu adalah mobil yang sama, sebelum dan setelah mendapat perawatan body. Berikut adalah cara sederhana yang dapat digunakan untuk mengecek kondisi body:

1. Perhatikan garis body. Garis body seharusnya lurus. Mercedes ini belum pernah mengalami kecelakaan. Lihat pantulan mobil putih, terlihat sempurna, bukan. Nah, pakailah cara ini untuk memeriksa seluruh bagian mobil. Kalau kebetulan mobil kotor, mintalah pemiliknya untuk mencucinya. Jangan sungkan, karena anda tidak akan mendapatkan apa-apa dari body yang kotor.

2. Sekarang perhatikan. Pantulan di buritan tampak bergelombang. Ini bisa dijadikan tanda bahwa bagian ini pernah rusak dan diperbaiki.


3. Periksa celah antara fender, pintu, bagasi dan kap mesin. Seharusnya kerenggangan sepanjang celah sama. Bila celah bagian atas lebih lebar dari celah bagian bawah atau sebaliknya, ini bisa di indikasikan mobil pernah tertubruk di bagian itu. Perhatian ekstra harus diberikan saat memeriksa celah antara kap mesin dan fender, juga antara pintu dan fender karena daerah ini rawan benturan.

4. Carilah batas antara cat baru dan lama. Periksalah seluruh bagian dengan teliti. Apalagi bila tukang catnya mahir, dia bisa membuat batas itu nyaris tidak tampak. Jadi jangan terburu nafsu, teliti kembali seluruh bagian.

5. Ini adalah tanda lain yang bisa ditemukan, sisa pernis yang biasanya terjadi bila proses penghalusan dengan kertas gosok tidak dilakukan dengan sempurna.

6. Periksa bagian belakang pintu, bawah kap mesin dan bagasi menunjukkan bekas cat baru yang tertinggal di selang karet di balik pintu. Coba carilah tanda seperti ini ditempat lain.

7. Sebenarnya, menyamakan cat baru dengan cat lama sangatlah sulit. Jadi cobalah untuk meneliti lebih seksama body mobil. Cobalah dari jarak dan sudut yang berbeda. Karena pada jarak tertentu atau sudut tertentu, perbedaan cat baru dan lama lebih jelas tampak. Bila anda mencurigai tempat itu adalah batas cat baru dan lama, cobalah untuk merasakan dengan ujung jari atau telapak tangan. Seharusnya cat benar-benar mulus. Bila tidak, berarti pernah di cat ulang.

8. Periksa karat. Inilah tempat dimana karat biasanya bersarang. Selain itu cobalah untuk memeriksa di bawah karpet, bagasi. Kalau perlu, cobalah menggunakan magnet. Bila ternyata magnet susah lengket, bisa diduga lapisan filler dibawah cat cukup tebal. Ada kemungkinan bagian itu pernah diperbaiki.

9. Periksa kerangka mobil. Kerangka mobil merupakan bagian yang menopang seluruh kendaraan. Periksalah seluruh bagian, jangan sampai ada bekas kerusakan apapun, seperti bekas las, retak dsb.

10. Cek apakah mobil ini pernah terendam air. Periksa bawah karpet. Bila lembab atau peleg dan bagian logam lain berkarat parah, bisa diduga mobil ini pernah tenggelam.

11. Cek sejarah mobil.[fjsb]

Sumber :
http://www.solusimobil.com/owners-guide/tips-trik/cara-pintar-memilih-kondisi-body-mobil-bekas
31 Juli 2009

Sumber Gambar:
http://www.adhisata.com/wp-content/uploads/2008/12/mobil-content.jpg

Posting 25 Oktober 2009

3 komentar:

  1. Paket Dealer Mobil Bekas merupakan paket terdahsyat yang ditawarkan Carmall.com sebagai website otomotif nomor 1 Indonesia saat ini

    BalasHapus
  2. Carmall.com sebagai website otomotif nomor 1 Indonesia saat ini menyajikan program Rp 100 ribu tanpa batas bagi dealer mobil bekas yang mau mengiklankan mobil-mobil bekas mereka dengan jumlah tak terbatas ditambah sejumlah keunggulan yang tidak akan dimiliki website-website otomotif lainnya

    BalasHapus
  3. Kunjungi website resmi dealer mobil terbaik terpercaya dari Masfim :
    + Mobil Mitsubishi123
    + Mobil Honda ID

    BalasHapus